CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 23-12-2021 11:41:57

Dilihat : kali

Payudara bengkak adalah masalah yang sering ibu alami saat menyusui. Hal ini disebabkan berbagai faktor. Payudara bengkak bahkan bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada Bunda. Jika Jika tidak ditangani dengan baik, ini bisa berpotensi mastitis loh Bunda. 

Ada beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan di rumah secara mandiri. Perhatikan 3 langkah berikut ini agar bengkak pada payudara teratasi.

3 Langkah Atasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

Payudara bengkak ketika menyusui merupakan hal yang wajar kok, Bun. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir. Kasus ini bahkan sering terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan sehingga menimbulkan rasa sakit pada payudara dan kesulitan menyusui. Berikut beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan mandiri di rumah untuk mengurangi pembengkakan pada payudara.

1. Keluarkan ASI agar rasa nyeri berkurang 

Payudara yang terlalu penuh dengan ASI akan meningkatkan tekanan sehingga payudara Bunda membengkak. Untuk me Bunda bisa memijat payudara atau memompa ASI menggunakan pumping untuk mengeluarkan sedikit ASI sehingga tekanan pada payudara berkurang.

2. Mengompres payudara 

Bunda dapat mengompres payudara dengan air hangat maupun dingin. Untuk melancarkan ASI, gunakanlah kompres hangat agar pengosongan payudara Bunda berjalan cepat. Namun, jika Bunda ingin mengurangi rasa sakit dan keras pada payudara, gunakanlah air dingin untuk mengompres.

3. Perhatikan posisi saat menyusui

Untuk mengurangi rasa sakit payudara, Bunda bisa mengubah posisi menyusui yang benar. Posisi perlekatan yang benar dapat mencegah penyumbatan pada kelenjar dan aliran susu pada payudara sehingga rasa sakit akan berkurang.

Mengatasi payudara bengkak saat menyusui tidak mudah, Bunda. Apalagi kalau pembengkakan ini sampai memengaruhi kualitas dan produksi ASI Bunda. Jika pembengkakan tidak kunjung mereda, produksi ASI bisa berkurang. Asupan nutirisi yang didapatkan jadi berkurang. Kalau sudah begitu, anak berisiko terkena stunting!

beli obat ASI Mampet di Probolinggo

Posting by Admin

beli obat ASI Mampet di Probolinggo Laksanakan Beberapa Langkah Pijat Laktasi Untuk Memperlancar ASI Bunda bunda pasti berharap mempersembahkan nutrisi terindah untuk tumbuh dan kembang anak balita. nah, salah satunya adalah dengan tercukupinya suplai ASI untuk Si Bayi. Bagi bunda menyusui, suplai ASI adalah hal dasar yang pasti jadi fokus perhatian. Dengan tidak adanya ASI, buah hati bunda tidak bisa mendapa



243 Kali