CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 23-12-2021 10:16:31

Dilihat : kali

Sebagian Bunda pasti pernah mengalami gangguan menstruasi saat menyusui. Beberapa ibu bahkan tidak mendapatkan menstruasi sama sekali selama bulan-bulan selama menyusui. 

Kira-kira apa ya penyebabnya? Lalu, apakah siklus menstruasi Bunda akan kembali normal? Simak penjelasan berikut ini ya Bunda!

Hormon dan Menyusui

Saat bayi Bunda lahir, tubuh akan memproduksi ASI dengan banyak. Ini karena hormon prolaktin yang mengatur produksi ASI. Selama tubuh memproduksi ASI, kadar hormon estrogen dalam tubuh akan menurun.

“Sebenarnya setiap wanita memiliki satu hormon yang disebut hormon prolaktin, hormon ini adalah hormon yang mempengaruhi produksi ASI sekaligus hormon yang mencegah terjadinya menstruasi. Ketika seorang ibu melahirkan dan aktif menyusui, maka kadar hormon prolaktin akan meningkat. Sementara hormon estrogen akan berkurang. Akhirnya mengganggu siklus menstruasi”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Kapan Siklus Menstruasi Kembali Normal?

Bunda tidak usah khawatir. Siklus menstruasi yang tidak teratur selama menyusui adalah hal yang normal. Keadaan ini akan kembali normal seiring menurunnya kadar hormon prolaktin Bunda (masa menyapih bayi). 

“Jangka waktu untuk siklus normal umumnya di antara enam bulan hingga dua tahun. Jika siklus menstruasi Bunda saat menyusui tidak teratur hingga 1 tahun, itu masih normal”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Tidak ada terapi untuk mengembalikan siklus menstruasi saat menyusui. Siklus akan kembali normal sesuai kondisi tubuh Bunda. Jika sebelum hamil Bunda mengalami menstruasi yang teratur, kemungkinan besar menstruasi akan kembali dan normal dengan cepat setelah Bunda berhenti menyusui.

Meskipun kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, perubahan hormonal adalah penyebab umum gangguan pada siklus menstruasi saat menyusui. Ketika Bunda mulai mengurangi pemberian ASI, terutama setelah tahun pertama, menstruasi akan mulai normal kembali. Jika siklus menstruasi tidak kunjung normal, padahal Bunda sudah tidak menyusui, segera periksakan diri ke dokter.

Selama menyusui, sebaiknya Bunda fokus pada kesehatan serta kualitas dan kuantitas ASI. Agar kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi. Bunda bisa konsumsi  ASI booster untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI.

harga Supplement ASI Terbaik di Wonogiri

Posting by Admin

harga Supplement ASI Terbaik di Wonogiri Lakukan Langkah-Langkah Pijat Laktasi Demi Lancarnya ASI Bunda Ibu tentu ingin mempersembahkan nutrisi terindah untuk tumbuh dan kembang anak balita. Maka dari itu, yang diperlukan adalah dengan tercapainya kebutuhan ASI untuk buah hati. Untuk ibu menyusui, asupan ASI adalah hal dasar yg selalu jadi pusat perhatian. Dengan tidak adanya ASI, buah hati bunda tidak bisa



200 Kali