CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 23-12-2021 10:31:45

Dilihat : kali

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan seluruh organ tubuh anak, termasuk otak. Otak memiliki peran penting bagi manusia. Ini karena seluruh aktivitas atau kinerja organ tubuh berpusat di otak.  Oleh karena itu, penting sekali untuk mencukupi asupan yang dibutuhkan otak. 

Anak yang gizinya tercukupi akan berprestasi di sekolah karena daya konsentrasinya yang baik. Untuk meningkatkan kinerja otak, Bunda bisa memberikan makanan yang membantu perkembangan otak. Ini karena kandungan atau gizi yang terdapat makanan dapat memengaruhi aliran darah ke otak, sehingga konsentrasi dan keterampilan kognitif anak meningkat. 

Bunda mau tahu makanan apa saja yang baik untuk perkembangan otak anak? Simak penjelasannya berikut ini!

Makanan Untuk Kesehatan Otak

1. Ikan

Ikan mengandung omega 3 yang membantu meningkatkan kesehatan otak. Ikan adalah sumber asam lemak omega 3 yang baik dan membantu membangun membran sel dalam tubuh, termasuk sel otak. Oleh karena itu, ikan terbukti dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron. Beberapa ikan yang mengandung omega 3 yaitu:

  • ikan salmon
  • ikan kembung
  • tuna
  • ikan haring
  • sarden

2. Kacang-kacangan

Kacang juga memiliki khasiat untuk otak anak Bunda. Ini karena kacang mengandung lemak baik, yaitu omega 3 dan vitamin E yang baik untuk sirkulasi darah ke otak. Kacang-kacangan yang tinggi akan omega 3 adalah kedelai, kacang mete, dan almond.

3. Yogurt 

Yogurt mengandung lemak yang baik untuk kesehatan otak. Selain itu, yogurt tinggi akan protein yang baik untuk perkembangan dan menjaga kesehatan sel-sel otak.

4. Alpukat

Sebagai sumber lemak tak jenuh yang menyehatkan, alpukat baik untuk perkembangan otak. Mengonsumsi alpukat dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ini karena lemak tak jenuh dalam alpukat dapat melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, aliran darah ke otak akan lancar sehingga nutrisi dapat terserap dengan baik.

5. Telur

Siapa yang tidak suka telur?

Telur disukai banyak orang karena rasanya yang enak dan mengenyangkan. Selain enak, telur adalah nutrisi terbaik untuk otak anak Bunda. Ini karena telur mengandung vitamin B 6, vitamin B 12, asam folat yang mampu mencegah penyusuran otak dan menunda penurunan kognitif.

Nah, bagaimana Bunda? Itulah informasi mengenai makanan yang baik untuk perkembangan otak anak. Bunda bisa mengolah makanan tersebut menjadi berbagai menu MP-ASI kesukaan anak. Selain enak, yang pasti bergizi ya Bunda!

harga obat ASI Booster efek cepat di Banyumas

Posting by Admin

harga obat ASI Booster efek cepat di Banyumas Lakukan Langkah-Langkah Pijat Laktasi Agar ASI Bunda Lancar bunda pasti berharap memberikan nutrisi terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. nah, yang diperlukan adalah dengan terpenuhinya asupan ASI untuk si jabang bayi. Untuk ibu menyusui, suplai ASI merupakan hal dasar yang pasti jadi fokus perhatian. Tanpa ASI, buah hati bunda tidak bisa mendapatkan nutrisi denga



231 Kali